Posted in Uncategorized

*Memori 1429H


Tahun ini banyak peristiwa penting dalam hidup telah terlampaui (entah kata yang tepat apa?). mengingat umurku yang beranjak punya angka ganda (alias 22th), tidak muda memang tapi memang kontribusi sebagai makluk mungkin belum sebanding dengan umurku di muka bumi ini.

  • Peristiwa awal adalah prosesi turun jabatan dari fakultas, sedih, terharu, dan memang belum banyak kontribusi Riil yang telah kulakukan. (Maaf mungkin belum cukup kukatakan tuk kalian semua)
  • Lpa Media yang begitu menyedihkan, entah apakah aku cukup bisa dikatakan orang yang amanah. Hiks…..
  • Seiiring Lpj lembaga yang menyedihkan, semangat tuk ngajuin yang namanya proposal. Nah awal si Blanck Ku beli (dengan menguras kocek tabunganku). Proposal bisa dikatakan paling menguras banyak energi dibanding tahap selanjutnya. Ganti judul hampir 5x kujalani, dibarengi dengan debat panjang dengan kaprodiku. Melelahkan, hampir putus asa, selalu saja berdebat pada hal yang sama. Bosen, dan pada akhirnya menurut kesimpulanku si Bapak sudah bosan dengan kengeyelanku, sehingga pada suatu pagi yang cerah akhirnya aku punya pembimbing dan narasumber. Tapi tidak berhenti begitu saja aku dianugrahi pembimbing+narasumber yang …………………………… Tidak menambah semangat adanya semangat itu luntur, mengingat crita2 yang sudah lampau. Minggu diawal bimbingan merupakan wal yang sulit, tapi akhirnya nekat juga walaupun belum punya bulu sumber yang “Siip’ akhirnya di bulan April aku Seminar. Bisa dikatakan aku hanya siap 60%, akhirnya ya begitulah. Tapi memang Alloh SWT selola berada untuk menolong hambanya yang lemah ini, dengan perjalanan yang panjang akhirnya aku diberikan sebuah petunjuk, ya sebuah petunjuk (Blues Clues). Akhir dari sebuah pencarian: aku punya Clue yaitu “PINBUK”. Ngenet hampir kulakoni tiap hari, akhirnya sebuah Cp Pinbuk, walaupun Semarang tak apalah kan kujalani apabila aku harus kesana. Kemudahan berawal dari sini, aku dapat info penting sehabis percakapanku dengan si Bapak (aku lupa namanya) salah satu pengurus Pinbuk wilayah Semarang dan akhirnya ternyata Pinbuk wilayah Jogja itu benar2 ada , Alhamdulillah rasa syukur yang tidak terkira paling tidak aku tidak harus jauh2 ke Semarang. Hari berikutnya langsung ku datangi yang namay Pinbuk Jogja dengan Clue “Kebon Binatang”, sedikit bertanya tak apalah akhirnya sampai juga. Ramah kesan pertama yang kutangkap, terimakasih ya Robbi, 3 bulan hampir kucari akhirnya hari itu juga sebuah buku sumber utama tuk skripsiku aku dapatkan juga walaupun hanya boleh dicopii tak apalah.

Sampai pada akhirnya aku bisa menuntaskan bimbinga2 panjangku ya kira2 2,5 bulan akhirnya dapat tanggal tuk ujian. Ingat betul ujian tanggal 9 Juli yup jam 09.00 wib tepatnya dengan minta doa sebelumnya kepada keluarga, sahaba, teman, maupun anak2 binaanku. Tidak buruk bagiku walaupun hasil yang kudapat bisa dikatakan tidak sempurna. Alhamdulillah terlampaui jg akhirnya.

Seiring ngarap skripsiku masih saja diberi kerjaan Kampus yang tak lain dan bukan tidak jau ama yang namanya ngurusi media kampus. Masih ingat ketika itu, 3 minggu da yang menunggu keputusanku. Walaupun tidak mengangguk, persetujuan dari ku juga tidak terlalu penting yang pada akhirnya amanah itu tetap dipundak. Ya sudahlah idep2 penambah semangat tuk selalu kekampus Plus Barokah tuk jadi orang yang dibutuhkan dikampus. Ketika mumet dengan skripsi, amanah ini begitu menyejukkan bagaimana bisa jadi pemberat kelak dikampoeng akherat. Sampai tulisan ini dibuat, aku belum begitu yakin pula sudah Produktifkah diriku dikampus ini? Memngingat banyak program “hilang ” begitu saja, agenda2 penting yang aku tidak turut serta. Kader macam apa ini??!! Pemberontak mungkin bisa diberikan kepadaku, tapi pemberontakanku beralasan dan samapi sekarang belum punya solusi yang tepat. Padahal ini sudah Oktober, tinggal menghitung hari saja tuk Pulang kepangkuan Ibunda. Entah lah ku berusaha berfikir secara keras selurus mungkin tapi tetap saja tumpul.

2 minggu sudah

2 minggu sudah terhitung aku dirumah dari mulai akhir ramadhan sampai tanggal 10 syawal. Mencoba tuk menata diri, menata hidup sebelum kepulangan kelak. Rasanya KANGEN, Jogjaku aku rindu padamu, 4tahun sudah aku dikotamu banyak hal yang sulit terhapus dari memoriku. Terhapus?? Ya azzamku ketika balik keKlaten kelak aku benar2 telah melupakanmu, Lho Kok? Iya sedih memang tapi kalau tidak begitu aku akan semakin merindukanmu. Kalau boleh jujur dalam hidup sebenarnya punya cita-cita dalam hidup ya seperti Plan A & Plan B (Kayak laskar pelangi aja, eh jangan salah sebelum ku baca novel inspiratif itu aku sudah punya inspirasi sendiri)

Plan A

Jauh ketika aku bercita-cita kuliah dulu, pinginya aku tidak berada pada posisi Jogja-Solo. Tapi apa mau dkata berdasarkan maklumat dari keluarga aku hanya boleh kuliah di Dua kota ini, yang pada akhirnya Jogja jadi tempat ku menimba ilmu. Begitu pun planer hidupku pinginnya sich nggak diklaten, beberapa bulan yang lalu sempat terfikir pingin tinggal dJakarta, tapi mengingat crita dari orang-orang pupus sudah keinginanku. Sampai pada akhirnya kunjunganku ke Bandung, aku begitu terpesona akan alam bandung, pingin rasanya tinggal disana. Suasana di DT yang begitu menyejukkan, semangat rasnya tuk beribadah. Tapi harapan ini sudah kubuang jauh2, Jauh beberapa bulan yang lalu sehingga aku sudah tidak ingat akannya. Sampai pada akhirnya aku pingin tinggal diJogja, harapan ini kupupuk pada akhir penyelesaian skripsiku. Mengingat enaknya tinggal diJogja: Fasilitas yang menunjang (paling tidak ngenet mudah), punya komunitas, punya Bi’ah yang baik pula. Tapi pada akhirnya mimpi ini musnah sudah, diiringi akhir hari dibulan Oktober.

Plan B

Klaten tempat terakhirku, hanya itu yang bisa kukatakan.

Author:

Aku tidak terlalu beda dengan orang-orang pada umumnya, biasa sangat biasa bahkan. Punya hidup yang bisa dikatakan gitu2 aja alias monoton,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s